Permatasari, Novi Sendiana (2020) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIBUNDO DENGAN PEMAHAMAN MATERI DAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
c. 1686206065 - Abstark.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
d. 1686206065 - BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
e. 1686206065 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
f. 1686206065 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
|
Text
g. 1686206065 - BAB IV.pdf Download (994kB) | Preview |
|
|
Text
h. 1686206065 - BAB V.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
i. 1686206065 - daftar pustaka.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran dibutuhkan sebagai alat bantu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Media pembelajaran mibundo merupakan media yang dapat digunakan guru untuk membantu siswa lebih paham dengan materi yang disampaikan dan menjadi alat bantu guru untuk membentuk karakter siswa . Metode yang digunakan penulis dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasi Product Moment, yaitu mencari sebarapa kuat hubungan dari dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SDN Bluru Kidul Sidoarjo. Pengumpulan data penelitian menggukanan observasi, angket, dan soal tes. Dari analisis data penulis didapat (1)Nilai korelasi rhitung dari media pembelajaran mibundo dengan pemahaman materi siswa diperoleh rhitung>rtabel=0,897>0,8114 sehingga ada hubungan sangat kuat antara penggunaan media pembelajaran mibundo dengan pemahaman materi. (2)Nilai korelasi rhitung dari media pembelajaran mibundo dengan pendidikan karakter diperoleh rhitung>rtabel=0,907>0,8114. Sehingga ada hubungan sangat kuat antara penggunaan media pembelajaran mibundo dengan pendidikan karakter. (3)Nilai thitung=9,2>=2,776=ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada hubungan media pembelajaran mibundo dengan pemahaman materi. (4)Nilai thitung=10,2>=2,776=ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada hubungan media pembelajaran mibundo dengan pendidikan karakter anak. Artinya hipotesis Ha : Ada hubungan antara antara penggunaan media pembelajaran miniatur budaya Indonesia dengan pemahaman materi dan pendidikan karakter anak diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Mibundo, Materi, Karakter. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:03 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |