EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH MATERI RELASI SISWA KELAS VIII

Manunggal, Bayu Dwi (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH MATERI RELASI SISWA KELAS VIII. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202004-Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202004-BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
1684202004-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
1684202004-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
1684202004-BAB IV.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202004-BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran tipe make a match adalah model pembelajaran dengan cara mencari pasangan soal dengan jawaban yang tepat dan siswa yang sudah menemukan pasangannya sebelum batas waktu akan diberi poin. Pemilihan model pembelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pada siswa akan pentingnya belajar berfikir, menyelesaikan masalah, dan mengintegrasikan serta mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan mereka. Penelitian dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan (1) Aktivitas guru dalam mengolah pembelajaran, (2) Aktivitas siswa, (3) Tes hasil Belajar, (4) Respons siswa terhadap model pembelajaran tipe make a match dalam materi relasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respons siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) Aktivitas guru dalam mengajar memperoleh kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,6 . (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung memperoleh secara keseluruan dengan persentase ≥ 61%. (3) Tes hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 100%. (4) Angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan kategori kuat sebesar > 60%. Berdasarkan hasil Pengamatan tersebut maka dapat disimpulkan efektivitas model pembelajaran tipe make a match pada materi relasi dikatakan efektif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Make a Match, Relasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:04
Last Modified: 22 Jun 2021 08:04
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item