Hidayati, Nur (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Match A Match Pada Subtema Hebatnya Cita-Citaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1686206066-ABSTRAK.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
1686206066-BAB 1.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
1686206066 - BAB IV.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
1686206066-BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
1686206066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
1686206066-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
1686206066-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Adakah pengaruh model kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya cita-citaku terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, 2) Hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar setelah menggunakan model kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya cita-citaku, 3) Mengetahui bagaimana aktivitas siswa kelas IV Sekolah Dasar setelah menggunkan model kooperatif tipe match a match pada subtema hebatnya cita-citaku. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 17 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda dan uraian berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah di validatorkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match berperan sebagai model yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran yang membuat peserta didik mampu berfikir secara kreatif dalam menanggapi pembelajaran yang diajarkan oleh guru, 2) Hasil belajar subtema hebatnya cita-citaku pada kelas eksperimen (IV) dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match diperoleh rata-rata post test 85,5 sedangkan kelas kontrol (IV) dengan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab diperoleh rata-rata pot test 63. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pemebelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) berdasarkan uji hipotesis pada saat post test bahwa diperoleh model pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung < ttabel yaitu 18.606<2,62 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan ditolak H1 dan diterima H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:20 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:20 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1173 |
Actions (login required)
View Item |