PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII

Noor, Mayaminiy Maulidah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1784202012-Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
1784202012-Bab I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
1784202012-Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
1784202012-Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
1784202012-Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1784202012-Bab V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
1784202012-Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran komik berbasis android dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang sulit dalam mencapai ketuntasan belajar pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Diketahui berdasarkan analisis lapangan, salah satu penyebabnya adalah banyak waktu yang terbuang untuk memahami soal, membuat model matematika dan penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan media pembelajaran yang menarik, mudah digunakan dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa terutama kelas VIII. Karena banyak orang yang sudah menggunakan android seiring semakin berkembangnya teknologi, maka media pembelajaran yang dikembangkan berbasis android. Hal ini juga mendukung pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi. Konsep media pembelajaran yaitu penyampaian materi dalam bentuk komik yang disesuaikan dengan urutan penyelesaian tiap langkah. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan 10 tahapan model pengembangan menurut Sugiyono tahun 2012. Dan untuk kriteria kualitas media pembelajaran menggunakan tiga kriteria menurut Nieveen tahun 1999. Penyajian dan kesesuaian antara materi dan media dinilai sangat valid dengan skor rata-rata 3,43. Kepraktisan bernilai sangat praktis sehingga mudah digunakan oleh siswa dan guru dengan skor ratarata 3,42. Berdasarkan hasil belajar diperoleh bahwa media bernilai efektif digunakan oleh siswa dengan skor rata-rata respons siswa 3,17, dan skor rata-rata tes hasil belajar siswa 74,7, dengan KKM 70. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Android, SPLDV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:02
Last Modified: 27 Jun 2023 06:02
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item