EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL MATRIKULASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HITUNG DASAR UNTUK SISWA KELAS VII

Wulansari, Isro Sekar Ayu (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL MATRIKULASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HITUNG DASAR UNTUK SISWA KELAS VII. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
1784202035 - Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
1784202035 - BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
1784202035 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
1784202035 - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
1784202035 - BAB 4.pdf

Download (304kB)
[img] Text
1784202035 - BAB 5.pdf

Download (125kB)
[img] Text
1784202035 - Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Matematika ilmu menghitung yang melibatkan angka-angka. Susunan ilmu yang ada dalam matematika mulai dari tingkat dasar (hitungan) sampai pada matematika terapan atau aplikasi terhadap ilmu yang lain. Operasi hitung dasar dalam matematika dapat dibedakan menjadi empat yaitu: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi hitung dasar merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika. Usaha untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung dasar matematika adalah modul matrikulasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana modul matrikulasi siswa di kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu bentuk penelitian yang berdasarkan data yang dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari objek yang diteliti dengan menggabungkan hubungan antara variabel yang terlibat didalamnya. Berdasarkan hasil tes yang didapatkan terdapat 80,51% siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal tes. Hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata prosentase sebesar 80%. Dari hasil analisis respons siswa diperoleh rata-rata prosentase sebesar 90,04%. Tercapainya 3 aspek tersebut, artinya modul matrikulasi efektif digunakan untuk pembelajaran matrikulasi. Saran untuk peneliti yang akan datang diharapkan dapat lebih mengembangkan modul matrikulasi agar penelitian yang akan datang menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Matrikulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 29 Jun 2023 11:33
Last Modified: 29 Jun 2023 11:33
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item