PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mukarromah, Anis Rizqiyatul (2021) PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
c. 1786206049 - Abstrak.pdf

Download (218kB)
[img] Text
d. 1786206049 - BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
e. 1786206049 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
f. 1786206049 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
g. 1786206049 - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
h. 1786206049 - BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
i. 1786206049 - Daftar Pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan penalaran yang mampu berorientasi pada proses intelektual melalui pengamatan dan penalaran dalam mengambil keputusan masuk akal yang dapat dinalar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Didasari oleh proses pembelajaran yang menggunakan metode discovery dan media yang digunakan google classroom dengan menggunakan media pembantu berupa zoom meeting dan google form adanya media pembelajaran yang bervariasi sehingga beberapa siswa merasa lebih tertarik dan lebih memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperiment design dan desain yang digunakan yakni control group pretest-postest design, yang menjadi objek yaitu siswa kelas IV dengan jumlah subjek berjumlah 36 orang. Dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi COVID-19 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas IV A sebanyak 19 siswa dan siswa kelas IV B dengan jumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil nilai menunjukkan perbedaan sebesar 88,74 untuk kelas eksperimen, dan 83,29 untuk kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh terhadap media google classroom. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh google classroom dengan metode discovery terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Google Classroom, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:08
Last Modified: 03 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item