Alwi, Chelsy Pujianti and Rahmawati, Ery and Susilo, Tri Achmad Budi (2023) Pengembangan Media Busy Book Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (7). ISSN 2614-8854
Text
1886206010-Artikel.pdf Download (839kB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman dalam proses menganalisis suatu masalah selama pembelajaran siswa di kelas V, maka perlu dikembangkan media yang standar untuk menilai keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V SDN Pucang 4 Sidoarjo. Sedangkan instrumen yang digunakan yakni lembar validasi, lembar observasi dan tes tulis. Hasil validasi kelayakan memperoleh skor 84% dari ahli media, yang berarti media layak digunakan oleh siswa, ahli materi 88,5% dengan kategori sangat layak untuk diuji coba pada siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa mendapat skor 87,5% dengan kategori baik. Uji validitas tes dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliebel dengan nilai alpha sebesar 0,852 > 0,6. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 73 (pretest ) menjadi 87 (postest) dengan skor N-gain 0,54 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa media busy book tematik layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa serta hasil belajar siswa kelas V.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media, Busy book tematik, Keterampilan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:08 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:08 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1776 |
Actions (login required)
View Item |