Taufiqi, M. Andi (2023) ANALISIS MODUL SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X MA NURUL ISLAM PUNGGING-MOJOKERTO. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
1887201028-Abstrak.pdf Download (211kB) |
|
Text
1887201028-BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text
1887201028-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
1887201028-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
1887201028-BAB IV.pdf Download (842kB) |
|
Text
1887201028-BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
1887201028-Daftar pustaka.pdf Download (211kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan mengetahui analisis modul sejarah terhadap peserta didik kelas X IPS MA Nurul Islam Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memfokuskan pada pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang suatu fenomena dalam suatu latar masalah yang berkonteks khusus. Respon Siswa Terhadap Modul Sejarah Islam terlihat data hasil Pertama Peserta didik tertarik dan semangat untuk membaca materi dalam modul. Kedua Peserta didik lebih semangat untuk belajar. Ketiga Peserta didik lebih semangat untuk belajar. Keempat peserta didik lebih mudah memahami materi. Pada penelitian ini peniliti menyajikan hasil belajar peseta didik kelas X IPS 1 (T) yang diberi modul sejarah Islam pada pembelajaran materi sejarah Islam menunjukan rerata 80 diatas KKM 75 Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan modul sejarah dapat membuat nilai siswa menjadi lebih baik. hasil analisis modul sejarah Islam yang berpengaruh pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 (T) MA Nurul Islam Pertama Modul sejarah Islam di MA Nurul Islam memiliki layout yang menarik. Kedua modul sejarah Islam di MA Nurul Islam memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami. Ketiga modul sejarah Islam di MA Nurul Islam memiliki konten materi yang lengkap. Keempat modul sejarah Islam di MA Nurul Islam disertai dengan petunjuk yang jelas untuk mempermudah peserta didik belajar. Fungsi modul sejarah islam pertama mengatasi kelemahan pembelajaran tradisional pada materi sejarah. Kedua meningkatkan motivasi belajar pada materi sejarah islam. Ketiga meningkatkan kreatifitas pada materi sejarah. Keempat mewujudkan belajar yang berkonsentrasi pada materi sejarah islam. Modul sejarah merupakan salah satu bahan ajar pelajaran sejarah yang berbentuk cetak. Modul dikembangkan sesuai dengan materi dan pokok bahasan yang akan disampaikan. modul sejarah islam dapat menunjuk pada suatu paket pengajaran yang memuat pedoman bagi guru dan bahan pembelajaran untuk siswa tentang sejarah islam. Modul sejarah islam merupakan satuan program belajar-mengajar bagi siswa, yang dipelajari oleh siswa sendiri (selfinstructional).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis,modul sejarah islam, hasil belajar peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:57 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:57 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1859 |
Actions (login required)
View Item |