EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Dewi, Julia Miarosa (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
1784202036-Abstrak.pdf

Download (390kB)
[img] Text
1784202036-BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
1784202036-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
1784202036-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
1784202036-BAB IV.pdf

Download (604kB)
[img] Text
1784202036-BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
1784202036-Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Selain untuk mengetahui Efektivitas terhadap keaktifan belajar siswa, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keaktivan siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk desain penelitian PreExperimental Desain yaitu One Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas VII dengan populasi berjumlah 27 siswa. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah uji one sample statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 3,51 dengan kategori Sangat Baik dan untuk hasil tes belajar diperoleh rata-rata kelas yaitu 87,59 nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,040 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa nilai rata-rata aktivitas pembelajaran menggunakan (PMRI) memiliki nilai lebih dari 60.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PMRI, Efektivitas, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 08 Jan 2025 08:14
Last Modified: 03 Feb 2025 08:23
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item