Nanda, Mochamad Alfian (2024) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-AMIN SUKODONO SIDOARJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
1784202040-Abstrak.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
1784202040-BAB I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
1784202040-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
![]() |
Text
1784202040-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
![]() |
Text
1784202040-BAB IV.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
1784202040-BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
1784202040-Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar matematika rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih belum memadai. Penting bagi guru untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa agar kualitas pembelajaran matematika dapat selalu ditingkatkan sehingga kemampuan koneksi matematis siswa dapat terus berkembang. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba untuk menggali informasi tentang koneksi matematis siswa di SMP ISLAM AL�AMIN Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras di kelas VIII SMP ISLAM AL- AMIN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP ISLAM AL-AMIN dengan 3 subjek yang mewakili. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Tes yang digunakan terdiri dari 3 soal sesuai indikator koneksi matematis serta wawancara sebagai data pendukung. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada indikator mengenali dan menggunakan hubungan antar ide matematika ketiga subjek memenuhi, Pada indikator memahami bagaimana ide matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan kesatuan yang utuh hanya dua subjek yang memenuhi, Pada indikator mengenali dan mengaplikasikan matematika ke dalam konteks di luar matematika hanya dua subjek yang memenuhi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 06:13 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 06:13 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |