EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII

Maharani, Dewi Fortuna Gita Ayu (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
1884202009-Abstrak.pdf

Download (346kB)
[img] Text
1884202009-BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
1884202009-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1884202009-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
1884202009-BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1884202009-BAB V.pdf

Download (405kB)
[img] Text
1884202009-Daftar Pustaka.pdf

Download (498kB)

Abstract

Keterampilan abad ke – 21 harus dimiliki setiap individu peserta didik agar mampu menguasai keterampilan dasar 4C yang erat kaitannya dengan pemahaman konsep. Pemahaman konsep yang matang maka peserta didik mampu menerapkan pembelajaran pada dunia nyata dan dapat memecahkan masalah. Terutama pemahaman bangun ruang, yakni pemahaman konsep tentang materi bangun ruang yang harus dimiliki peserta didik di Indonesia. Karena Indonesia masih lemah dalam geometri, khususnya dalam pemahaman ruang dan bentuk. Model pembelajaran STEM merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman bangun ruang peserta didik pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eektivitas model pembelajaran STEM terhadap pemahaman bangun ruang peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Mts. YPM 1 Wonoayu. Sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII – A sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran STEM dan kelas VIII – B sebagai kelas kotrol yang diberi pembelajaran konvensional yakni pembelajaran langsung. Hasil analisa data penelitian menunjukkan hasil uji t tabel (hasil t hitung > t tabel) yakni sebesar 6,450 > 1,993. Perbedaan pemahaman bangun ruang peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata – rata dari penilaian post – test masing – masing kelas. Perolehan nilai rata – rata kelas eksperimen yakni sebesar 87, 6563. Hal tersebut lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol yakni sebesar 72, 5581. Sehingga penerapan model pembelajaran STEM terhadap pemahaman bangun ruang peserta didik terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, STEM, pemahaman bangun ruang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:07
Last Modified: 15 Jan 2025 07:07
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item