Pengembangan Lembar Kagiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas VII-A SMP Walisongo Gempol

Aini, Nur (2019) Pengembangan Lembar Kagiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas VII-A SMP Walisongo Gempol. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img]
Preview
Text (1531023-Nur Aini ; 0710128801 ; 0722048803)
1531023 - BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Archive
pdftoimage.zip

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
1531023 - BAB IV.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531023 - BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531023 - Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
1531023 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
1531023 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
1531023 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Dalam bidang matematika, telah banyak penelitian yang menyarankan menggunakan pendekatan CTL dalam proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan pendekatan ini mengarahkan siswa agar bisa menghubungkan belajar di sekolah dengan kehidupam nyata. Pendekatan CTL dapat digunakan dalam materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan menghasilkan LKS dengan menggunakan pendekatan CTL yang valid, praktis dan efektif pada materi berbandingan dikelas VII-A SMP. Pengembangan lembar kegiatan siswa dilakukan dengan menggunakan model dari Tjreed Plomp terdiri dari : fase implementasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi dan fase implementasi. Namun, pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai fase es, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi perbandingan di kelas VII-A SMP Walisongo Gempol adalah (1) valid, menurut penilaian validator didapatkan skor rata-rata 3,39. (2) praktis, menurut hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran didapatkan skor 3,71 dan hasil lembar aktifitas siswa berada dalam kategori baik. (3) efektif, menurut hasil tes hasil belajar didapatkan tuntas dan hasil respons siswa 97,62. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa (LKS) dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning pada materi perbandingan dikelas VII-A SMP Walisongo Gempol yang dikembangkan pada penelitian ini telah memenuhi kriteria lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan lembar kegiatan siswa, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Perbandingan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Aini
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:32
Last Modified: 27 Aug 2020 04:46
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item