Nisak, Khoirun (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesikan Soal Uraian Dengan Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)
|
Text
1531015 - ARTIKEL.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Beberapa siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika terutama dalam materi trigonometri. Hal ini dikarenakan materi trigonometri adalah materi yang banyak menggunakan prinsip yang harus dihafal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa siswa melakukan jenis kesalahan prosedur dan kesalahan notasi. Kesalahan prosedural yang terjadi adalah kesalahan dalam melakukan operasi hitung dan kesalahan dalam mensubsitusikan informasi pada soal. kesalahan notasi yang dialami siswa karena siswa siswa salah dalam menuliskan satuan atau siswa tidak menuliskan satuan. Faktor penyebab siswa mengalami kesalahan adalah karena siswa kurang teliti dan terburu-buru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan, Menyelesaikan, Faktor, Trigonometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 07:34 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
View Item |