Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesikan Soal Uraian Dengan Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA

Nisak, Khoirun (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesikan Soal Uraian Dengan Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531015 - ARTIKEL.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Beberapa siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika terutama dalam materi trigonometri. Hal ini dikarenakan materi trigonometri adalah materi yang banyak menggunakan prinsip yang harus dihafal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa siswa melakukan jenis kesalahan prosedur dan kesalahan notasi. Kesalahan prosedural yang terjadi adalah kesalahan dalam melakukan operasi hitung dan kesalahan dalam mensubsitusikan informasi pada soal. kesalahan notasi yang dialami siswa karena siswa siswa salah dalam menuliskan satuan atau siswa tidak menuliskan satuan. Faktor penyebab siswa mengalami kesalahan adalah karena siswa kurang teliti dan terburu-buru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Menyelesaikan, Faktor, Trigonometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:34
Last Modified: 16 Jul 2020 07:34
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item