EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN TRANSFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Afifah, Nur (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN TRANSFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531060 - Artikel.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga papan transformasi dalam mendukung hasil belajar siswa di MTs PP MAS Taman pada materi transformasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu, siswa kelas IX MTs PP MAS Taman sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket respons dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rata-rata persentase aktivitas siswa selama kegiatan penggunaan alat peraga papan transformasi secara keseluruhan sebesar 85%, 2)Secara klasikal ketuntasan nilai belajar siswa selama menggunakan alat peraga papan transformasi adalah 81,48%, 3) Rata-rata persentase jumlah respons siswa selama kegiatan penggunaan alat peraga papan transformasi sebesar 79,98%.Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan transformasi pada materi transformasiefektif dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Alat Peraga, Papan Transformasi, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:58
Last Modified: 19 Aug 2020 05:58
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item