Rosa, Winda Adelya (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer dalam Menyelesakan Soal PISA. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1684202033 - Abstrak.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
1684202033 - BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
1684202033 - BAB V.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
1684202033 - Daftar Pustaka.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
1684202033 - BAB IV.pdf Download (944kB) | Preview |
|
Text
1684202033 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
Text
1684202033 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika setiap individu memiliki cara yang berbeda dengan individu lain dalam menyajikan kembali gagasan-gagasan matematis yang didapatkan dari proses pemikiran yang kemudian disampaikan dalam bentuk tulisan sebagai model atau bentuk pengganti yang mewakili bentuk lain dari permasalah yang ada untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Perbedaan cara penyajian kembali gagasan-gagasan matematis ini disebut kemampuan representasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan soal PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket gaya kognitif visualizer-verbalizer yang menunjukkan tiga belas siswa bergaya kognitif visualizer dan tiga belas siswa bergaya kognitif verbalizer. Setelah melakukan perhitungan skor angket, maka diperoleh Subjek penelitian yang terdiri dari dua siswa bergaya kognitif visualizer dan dua siswa bergaya kognitif verbalizer. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Dari penyelesaian soal tes yang diberikan serta wawancara yang dilakukan kepada masing-masing subjek diperoleh hanya ada dua kemampuan representasi matematis dari tiga jenis kemampuan yang digunakan. Siswa bergaya kognitif visualizer menggunakan representasi simbol dalam menyelesaikan soal tes. Sedangkan siswa bergaya kognitif verbalizer menyelesaikan soal dengan menggunakan jenis representasi verbal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, visual, verbalizer, soal PISA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 07:12 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 07:12 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/888 |
Actions (login required)
View Item |