Aini, Siti Nur (2020) Pengaruh Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Program Geogebra Tehadap Kemampuan Pemecaha Masalah Matematis Siswa. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1684202055_Abstrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
1684202055_BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
1684202055_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
1684202055_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
|
Text
1684202055_BAB IV.pdf Download (986kB) | Preview |
|
|
Text
1684202055_BAB V.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
1684202055_Daftar Pustaka.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
Problem Based Instruction (PBI) merupakan suatu pembelajaran siswa mengerjakan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemcahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas XI AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuatitatif dengan desain perlakuan tunggal (One-Shot Case Study). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 SMK PGRI 3 Sekardangan tahun pelajaran 2019/2020, Teknik pengambilan sampel ini peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi itu. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 siswa XI jurusan akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dari nilai thitung = 0,520 < ttabel = 2,306 dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,617) yang lebih dari α 0,05. Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu Ŷ = 34,577+0,001X yang memperlihatkan bahwa Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra dilaksanakan kurang baik maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga kurang baik. Problem Based Instruction (PBI) berbantuan program geogebra memiliki konstribusi/pengaruh sebesar 3,3% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Instruction (PBI), Program Geogebra, Kemampuan Pemcahan Masalah Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Sabila Maharani |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:22 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:22 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
View Item |