Pengembangan Lks Gamster (Gambar Poster) Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo

Hardianti, Rani Dewi and Dewi, Galuh Kartika and Andjariani, Endang Wahju (2022) Pengembangan Lks Gamster (Gambar Poster) Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. JIME (Jurnal Ilmiah Mandala Education), 8 (1). ISSN P-ISSN 2442-9511

[img] Text
1686206032 - Artikel.pdf

Download (239kB)

Abstract

Pembelajaran merupakanNsuatu kegiatan yang dilakukan olehLpeserta didik dan guru untuk mencapaiItujuan tertentu. Pembelajaran menggunakan Gamster memiliki kekuatan yang dapat mudah dipahami. Karena posterJlebih menonjolkan kekuatan pesan,Ovisual dan warna. LKS Gamster berisi kegiatan-kegiatan terprogram yang langsung dilengkapiDdengan gambar cara kerja sehingga mampu memberikan kesanMmudah dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengembangan LKS Gamster (Gambar Poster) materi sifat-sifat-bangun ruang pada siswa kelasVV di SDN Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan Research and-Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dikembangkanMmenggunakan metode R&D dari pendapat-Sugiyono, 2009. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi ahli, lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakanOdeskriptif presentase, uji normalitas,Uuji homogenitas, uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa-LKS Gamster layak untuk diuji coba dari masingmasing validator dapatTdilihat dari presentase penilaian yang menunjukkan >80%. Hasil perhitungan menggunakan uji gain dengan rata-rata nilai pretest 54,50 posttest 86,38 dan nilai rata-rata uji gain 0,70 dengan kriteria sedang menunjukkanKadanya peningkatan rata-rata hasilObelajar siswa. Respon siswa diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dengan menunjukkan nilai presentase siswa antara 97% dengan kriteria sangat positif. Gamster dapat memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasikan pengalaman belajarnya dengan memberikan kebebasan kepada siswa dalam membangun pengetahuan sendiri yang berkaitan dengan kehidupan sekitar yang mengaitkan materi pada peristiwa kehidupan-sehari-hari siswa. BerdasarkanEhasil penelitian tersebut dapat disimpulkan LKS Gamster sangat banyak diminati oleh siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gambar poster, Pengembangan, LKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:17
Last Modified: 02 Aug 2023 07:17
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item