Nadhiroh, Elvin and Wibowo, Satrio and Nurhayati, Eni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU CEPAT BERGAMBAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (2). ISSN 2548-6950
Text
1886206020-Artikel.pdf Download (586kB) |
Abstract
Membaca adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang penting bagi setiap orang terutama siswa sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi secara tertulis. Alasan penelitian ini adalah beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca selama proses pembelajaran. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu cepat bergambar untuk melatih kemampuan membaca pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), model yang digunakan adalah model Borg and Gall. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa kelas 1 di SDN Kedungpeluk 1. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar tes dan lembar validasi ahli.. Media yang dikembangkan adalah kartu cepat bergambar untuk melatih kemampuan membaca siswa kelas 1 SD. Hasil penelitian pada media kartu cepat, yaitu: pertama, berdasarkan validasi media menyatakan bahwa media kartu cepat bergambar layak dengan nilai presentase 85,71%. kedua untuk hasil keefektifan media kartu cepat bergambar dilakukan dengan pretest dan posttest dalam uji coba pretest nilai rata-rata siswa sebesar 46,66% sedangkan posstest memperoleh hasil sebesar 80%. Maka kartu cepat bergambar bisa dikatakan efektif dan layak untuk melatih kemampuan membaca.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Media Pembelajaran dan Kartu Cepat Bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:05 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:05 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
View Item |