Pengembangan Media Pembelajaran KARTIKRU untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Sumiati, Mierna and Dewi, Anggra Lita Sandra and Mubarok, M. Khusni (2023) Pengembangan Media Pembelajaran KARTIKRU untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (7). ISSN 2614-8854

[img] Text
1886206037-Artikel.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan media kartu tematik untuk pembelajaran Tematik di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran tematik yang belum mencapai nilai KKM (75) karena seringnya mengerjakan buku LKS serta kurangnya penerapan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga dilihat siswa kurang aktif (pasif) dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menghasilkan sebuah produk KARTIKRU (Kartu Tematik Seru) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran tematik kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model penelitian Borg and Gall dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu langkah pertama, uji validasi ahli media dan materi untuk mengetahui kelayakan media yang menunjukkan kriteria hasil validasi media “Layak dengan sedikit revisi” serta validasi materi yang menunjukkan kriteria hasil “Sangat Layak”. Langkah kedua, uji validitas tes dan realibilitas tes untuk mengetahui kefektifan soal dengan menunjukkan hasil uji validitas jumlah rhitung melebihi jumlah rtabel = 0,374 maka skor tes dikatakan valid serta uji realibilitas dikatakan reliablel karena hasil nilai yang diperoleh pada alpha cronbach > 0,6 dihitung dari penilaian skor tes 10 pilihan ganda dan 5 uraian pada soal pre test dan post test. Langkah ketiga, menggunakan uji N-Gain agar mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dihitung dari nilai pre test dan post test siswa. Hasil perolehan dari hasil uji N-gain yaitu nilai rata- rata soal pre test 46,67 dan post test 82,92 sehingga memberikan hasil nilai N-Gain 0,66 dikategorikan pada kriteria “sedang” pada hasil belajar siswa kelas III setelah menggunakan media pembelajaran KARTIKRU (Kartu Tematik Seru).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan pengembangan, media pembelajaran KARTIKRU, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:13
Last Modified: 15 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item