Fadilah, Ayu Syifa Putri and Rahmawati, Ery and Susilo, Tri Achmad Budi (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAY TERHADAP KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15 (2). ISSN 2579-552X
Text
1886206009-Artikel.pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Role Play terhadap koneksi matematis pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Pomosda Tanjunganom Nganjuk. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, tepatnya kuasi eksperimen. Kuasi eksperimen dipilih didasarkan atas pertimbangan agar dalam pelaksanaan penelitian ini pembelajaran berlangsung secara alami, dan siswa tidak merasa dieksperimenkan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa SD kelas IV Pomosda yang terdiri dari 13 perempuan dan 17 laki-laki. Sedangkan instrumen yang digunakan yakni lembar dokumetasi, lembar observasi, dan lembar tes. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat kenaikan yang signifikan dari hasil pretest dan posttest. Pada pretest nilai rata-rata 38 sedangkan pada posttest 74. Untuk hasil N-gain memperoleh 0.58 yang masuk pada kriteria sedang. Dari aspek proses pembelajaran dengan menggunakan metode role play, diperoleh hasil rata-rata 79,4% dengan kriteria baik. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah metode role play dapat meningkatkan koneksi matematis pada siswa kelas IV SD Pomosda dalam belajar matematika. Metode role play berhasil dilakukan pada sekolah dasar namun belum tentu berhasil untuk jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, penelitian tentang penerapan role play untuk pembelajaran Matematika pada sekolah menengah perlu dilakukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Play, Koneksi Matematis, Pelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:20 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:20 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1779 |
Actions (login required)
View Item |