DESAIN PEMBELAJARAN TRANSFORMASI MENGGUNAKAN MOTIF BATIK TULIS SIDOARJO

Lestariningsih, Lestariningsih (2017) DESAIN PEMBELAJARAN TRANSFORMASI MENGGUNAKAN MOTIF BATIK TULIS SIDOARJO. Jurnal Edukasi, 3 (1). pp. 83-98. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
Lestariningsih 83-98.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh desain pembelajaran transformasi menggunakan motif batik tulis Sidoarjo berdasarkan pendekatan PMRI sehingga mampu mendukung pemahaman siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian design research yang terdiri dari 3 tahap pelaksanaan yaitu persiapan untuk penelitian (Preparing for the Experiment), teaching experiment, dan retrospective analysis. Aktivitas pembelajaran didesain dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Hasil penelitian menunjukkan motif batik tulis Sidoarjo memberikan peranan yang penting dalam mendukung siswa dalam melaksanakan pembelajaran transformasi dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Hal ini bisa dilihat dari sikap siswa yang memperhatikan dan antusias dalam mengikuti aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan. Dari kegiatan pembelajaran di kelas, penggunaan konteks tentang motif batik tulis Sidoarjo membawa siswa ke situasi menemukan kembali (reinvent) dalam pembelajaran beberapa konsep transformasi. Setelah pencapaian beberapa konsep dasar transformasi, siswa mampu menyelesaikan persoalan pada level formal dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka di level situasional, referensial dan general.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: transformasi, desain research, PMRI, motif batik tulis Sidoarjo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 May 2018 02:22
Last Modified: 16 May 2018 02:22
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item