Damayanti, Mia (2023) IMPLEMENTASI FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH “MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MA NURUL ISLAM TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
1887201025-BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
1887201025-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
1887201025-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text
1887201025-BAB IV .pdf Download (532kB) |
|
Text
1887201025-BAB V.pdf Download (202kB) |
|
Text
1887201025-Daftar Pustaka.pdf Download (339kB) |
Abstract
Pada era revolusi ini, teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang. Perkembangan dan perbaikan pendidikan di semua tingkat pendidikan perlu terus menerus dilakukan sesuai perkembangan zaman, sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada tanggal 27 November 2021 di kelas XI IPA MA Nurul Islam Pungging-Mojokerto, saat proses pembelajaran sejarah ada beberapa pendidik yang hanya menggunakan metode konvensional atau metode ceramah. Pembelajaran sejarah juga selalu diidentikkan dengan pembelajaran yang hanya merangkum, menghafal nama, tanggal, dan tahun peristiwa sejarah berlangsung, serta rentetan peristiwa dengan bermain imajinasi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi film documenter dalam pembelajaran sejarah materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 Tahfidz. Data dikumpulkan melalui metode observasi, angket, wawancara dan tes. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari film dokumenter dan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 Tahfidz.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film dokumenter, Kualitatif, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:24 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:24 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1885 |
Actions (login required)
View Item |