Ayuningtyas, Nurina (2017) Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa Kelas X Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi, 3 (1). pp. 99-110. ISSN 2443-0455
|
Text
Nurina Ayuningtyas 99-110.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil literasi matematis pada konten change and relationship siswa kelas X bergaya kognitif visualizer dan verbalizer. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan tiga jenis instrumen pendukung yaitu tes penggolongan gaya kognitif, soal matematika model PISA dan pedoman wawancara. Profil literasi matematis subjek verbalizer dalam merumuskan permasalahan yaitu dengan menyebutkan dan menuliskan atribut pada objek sesuai konteks nyata, dan menyebutkan konsep matematika. Subjek verbalizer mengalami kesulitan dalam memodelkan permasalahan yang memerlukan gambar. Dalam menerapkan rancangan model matematika, subjek verbalizer menggunakan pemodelan yang telah diungkapkan sebelumnya ke dalam langkah untuk menyelesaikan soal. Dalam menafsirkan hasil yang didapat, subjek verbalizer hanya menafsirkan hasil matematis. Profil literasi matematis subjek visualizer dalam merumuskan yaitu dengan menggambar objek, menyebutkan dan menuliskan atribut sesuai dengan konteks, menandai atribut yang sesuai dan menyebutkan konsep matematika yang digunakan. Dalam menerapkan rancangan model matematika, subjek visualizer menggunakan pemodelan yang telah diungkapkan untuk menyelesaikan soal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi matematis, konten change and relationship, gaya kognitif visualizer dan verbalizer . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:22 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:22 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/19 |
Actions (login required)
View Item |