Hendrianto, Mochammad and Kusumawati, Intan Bigita (2018) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI IQ. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
Text
ARTIKEL.docx Download (37kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari iq. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Buduran tahun ajaran 2017/2018. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan pengambilan hasil tes IQ di sekolah yang telah dilaksanakan di kelas X. Berdasarkan hasil tes IQ diperoleh 2 siswa yang dominan pada IQ di atas normal dan mempunyai skor paling tinggi serta 2 siswa yang dominan pada IQ normal dan mempunyai skor sedang serta 2 siswa yang dominan pada IQ di bawah normal dan mempunyai skor paling rendah sebagai subjek penelitian. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan triangulasi sumber yaitu dengan cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber dan membandingkan hasil data dengan subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa yang dominan memiliki IQ di atas normal memenuhi empat indikator berpikir kritis, sedangkan untuk siswa yang memiliki IQ normal memenuhi dua indikator yaitu indikator Interpretation dan Analysis untuk yang dua indikator yaitu Evaluation dan Inference tidak terpenuhi. Untuk siswa yang dominan memiliki IQ di bawah normal hampir semua indikator berpikir kritis tidak terpenuhi hanya indikator Analysis yang terpenuhi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir, Berpikir kritis, IQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:23 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:23 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/23 |
Actions (login required)
View Item |