Yuanda Kartika Rahajeng, Priyono and Widadah, Soffil (2017) PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
Text
PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL O.rtf Download (218kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa level multistructural, relational, dan extended abstract dalam menyelesaikan soal open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di SMAN 1 Wonoayu kelas XI IPA 1. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes tulis dengan soal tipe relational, kemudian siswa diidentifikasi berdasarkan level taksonomi SOLO. Komponen proses berpikir kreatif dalam penelitian ini meliputi: persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Hasil deskripsi proses berpikir kreatif siswa level multistructural adalah memenuhi tahap persiapan, tahap inkubasi dan tahap iluminasi. Namun tidak memenuhi tahap verifikasi. Siswa level multistructural hanya memenuhi komponen berpikir kreatif fleksibilitas. Siswa level relational memenuhi tahap persiapan, tahap inkubasi, dan tahap iluminasi. Namun tidak memenuhi tahap verifikasi. Siswa level relational memenuhi komponen berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas. Siswa level extended abstract memenuhi tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi dan tahap verifikasi. Siswa level extended abstract memenuhi komponen berpikir kreatif kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif, proses berpikir kreatif, soal open ended, taksonomi SOLO |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:23 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:23 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/25 |
Actions (login required)
View Item |