Andriyani, Vita and Widadah, Soffil (2017) PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
Text
Artikel Vita.docx Download (41kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih kritis dalam pemecahan masalah matematika dibandingkan dengan siswa perempuan, karena siswa laki-laki dalam pemecahan masalah memenuhi semua indikator berpikir kritis, yaitu klarifikasi dasar, dukungan dasar, inferensi atau kesimpulan, klarifikasi lanjutan, serta strategi dan taktik. Sedangkan siswa perempuan tidak bisa memenuhi semua indikator berpikir kritis. Siswa perempuan hanya memenuhi klarifikasi dasar, inferensi atau kesimpulan dan klarifikasi lanjutan, untuk dukungan dasar serta strategi dan taktik tidak terpenuhi, sehingga siswa perempuan kurang berpikir kritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Pemecahan masalah, Jenis kelamin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:24 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:24 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/27 |
Actions (login required)
View Item |