Irawan, Vickri and Widadah, Soffil (2017) PROFIL PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNTIF. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
Text
Artikel Ilmiah Vickri.docx Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa bergaya kognitif impulsif dan reflektif dalam memecahkan masalah matematika. Pemahaman relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA SMA PGRI 5 SIDOARJO. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional siswa bergaya kognitif impulsif dan reflektif dalam memecahkan masalah matematika masih kurang. Siswa bergaya kognitif impulsif memenuhi satu dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, sedangkan siswa bergaya kognitif reflektif memenuhi dua dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan dapat mengklarifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Relasional, memecahkan masalah matematika, gaya kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 16 May 2018 02:24 |
Last Modified: | 16 May 2018 02:24 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/29 |
Actions (login required)
View Item |