EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MATRIKS

Hapsari, Rezza Windi and S, Bambang (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
artikel rere.rtf

Download (128kB)

Abstract

Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning pada materi matriks untuk siswa kelas X MA Nurul Ikhlas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa untuk kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran Problem Based Learning berada pada kriteria penilaian baik. Untuk persentase rata-rata aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung menggunakan pembelajaran Problem Based Learning pada kategori aktif karena dari empat kategori yang diamati persentasenya ≥ 50%. Berdasarkan tes hasil belajar siswa, siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 27 siswa dan tidak tuntas terdapat 3 siswa. Angket respon siswa positif dalam model pembelajaran Problem Based Learning, jika rata-rata angket respon siswa berada pada kategori baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif diterapkan pada pokok bahasan Matrik di kelas X Putri MA NURUL IKHLAS Sepande Candi Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Problem Based Learning, Matriks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 May 2018 02:25
Last Modified: 16 May 2018 02:25
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item