Parastuti, Nia Erlita and Agustina, Eka Nurmala Sari and Mubarokah, Lailatul LITERASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)
|
Text (1431056-Artikel)
1431056-ARTIKEL.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Untuk menyelesaikan soal literasi matematis, siswa perlu memiliki keyakinan untuk dapat berhasil dalam menghadapi dan menyelesaikan kesulitan-kesulitan. Keyakinan ini disebut self-efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa berdasarkan self-efficacy dengan penerapan soal matematika PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di SMP Bilingual Terpadu Krian-Sidoarjo kelas VIII-i. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket The Mathematics Self-efficacy Questionnaire (MSEQ) yang menunjukkan 10 siswa dengan self-efficacy tinggi dan 22 siswa dengan self-efficacy rendah. Selanjutnya, dipilih subjek penelitian yang terdiri dari 1 siswa dengan self-efficacy tinggi dan 1 siswa dengan self-efficacy rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes SM- PISA dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada proses literasi matematis yaitu formulate, employ dan interprete. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi hanya mampu melakukan proses employ dengan baik dan siswa dengan self-efficacy rendah tidak mampu melakukan ketiga proses literasi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil, Literasi matematis, Matematika PISA, Self-Efficacy. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nia Erlita Parastuti |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 09:22 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 09:22 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/324 |
Actions (login required)
View Item |