PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Setyawan, David and Lestariningsih, Lestariningsih and Widadah, Soffil (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431023 - ARTIKEL.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, respons siswa dan aktivitas guru pada pokok bahasan lingkaran dengan penerapan pendekatan PMRI di kelas VIII SMP Yos Sudarso Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di sekolah Yos Sudarso Sidoarjo di kelas VIII-dengan jumlah sampel 16 siswa. hasil analisis data penelitian diperoleh 1) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yos Sudarso Sidoarjo secara klasikal telah mengalami keberhasilan dimana hal tersebut dapat dilihat ketuntasan belajar mencapai 87,5%. 2) Aktivitas siswa kelas VIII SMP Yos Sudarso Sidoarjo dalam pembelajaran matematika dalam pembelajaran dengan pendekatan PMRI menunjukkan aktivitas yang positif. Siswa dapat menyebutkan aplikasi pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan menghargai keberagaman jawaban. Secara keseluruhan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI mencapai nilai rata-rata 3,17 dengan kategori aktif. 3) Aktivitas guru dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI kelas VIII SMP Yos Sudarso Sidoarjo sudah terlaksana dengan baik sesuai yang direncanakan. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI mencapai nilai rata-rata 3,17 dengan kategori baik. 4) Respons siswa terhadap penerapan pendekatan PMRI pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP Yos Sudarso Sidoarjo menunjukkan respons positif. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memilih setuju 95,83% lebih besar dari siswa yang memilih kategori tidak setuju 4,17%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PMRI, Lingkaran, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Respons Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:36
Last Modified: 28 Feb 2019 03:36
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item