PENGARUH PROGRAM PEMINATAN PEMINATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA MA DARUL FALAH CUKIR JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Idawati, Idawati and Widodo, J. Priyanto and Abdullah, A. Fatikhul Amin PENGARUH PROGRAM PEMINATAN PEMINATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA MA DARUL FALAH CUKIR JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1544008 - Idawati.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Menurut Permendikbud Nomor 69 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Dasar Kurikulum SMA/MA,diatur bahwa pemilihan kelompok peminatan didasarkan pada nilai raport SMP/MTs,nilai ujian NAS,hasil tes penempatan ketika mendafta di SMA,dan hasil test bakat dan minat oleh Psikolog.Diadakannya Progam Peminatan agar siswa lebih fokus dan lebih semangat terhadap bidangbidang yang telah sesuai dengan minat dan bakat dalam diri siswa. Sehingga prestasi belaja siswa yang dicapai juga memuaskan.Serta mampu menguasai bidang peminatan yang sesuai dengan bakat dan minat sejak pertama masuk kelas baru di kelas X SMA/MA.Dengan program peminatan yang disesuaikan dengan bakat dan minat serta segala faktor yang mendukung maka dihaapkan siswa semakin temotifasi dan semangat dalam mengikuti bidang mata pelajaan yang telah disiapkan. Keberhasilan siswa –siswi dalam pemilihan jurusan yang tepat tidak lepas dari peran BP/BK,dengan adanya pemahaman akan kondisi siswa,bentuk layanan BP/BK berupa pembeian layanan penempatan dan penyaluran serrta menjalin sebuah komunikasi yang baik antara siswa dengan guru. Informasi yang diberikan bisa tentang latar belakang siswa,prestasi siswa,keadaan sosial siswa dan sebagainya, sehingga dengan pemilihan peminatan diharapkan bisa memberi perrubahan pada peningkatan pestasi belajar siswa.Pestasi belajar bisa dilihat dari Nilai hasil ulangan harian,nilai raport atau nilau UN. Penulisam ini penulis mengambil data dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi.Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Deskripsi Presntasi dan regresi sederhana,sehingga dalam penelitian ini, mendapatkan sustu hubungan antara motivasi memilih peminatan ilmu sosial mempengaruhi prestasi belajar siswa ini bersifat positif artinya meningkatnya motivasi memilih ilmu sosial diikuti pula meningkatnya prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Progam Peminatan ,Prestasi Belajar,Kurikulum 2013,Bakat dan Minat Siswa data Kuantitatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 16 Apr 2019 10:36
Last Modified: 18 Sep 2019 04:04
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item