PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VIII

Zakkiyah, Afifatuz and Fachrudin, Achmad Dhany and Ayuningtyas, Nurina PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VIII. STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431090 -ARTIKEL.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan teori pengembangan model plomp Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektisan perangkat pembelajaran materi lingkaran berdasarkan teori van hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan teori van hiele. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1, 8 dan 10 Desember 2018 di SMP Islam Insan Kamil. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran melalui pengujian para validator. Nilai yang dicapai oleh validator untuk kevalidannya sebesar 3,64 dapat diartikan bahwa perangkat pembelajaran dalam kategori valid. Nilai yang dicapai oleh validator untuk kepraktisaanya sebesar 3,73 dapat diartikan bahwa perangkat pembelajaran dalam kategori praktis. Nilai yang dicapai oleh validator untuk keefektifannya sebesar 79,62% dapat diartikan bahwa perangkat pembelajaran dalam kategori efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifatuz Zakkiyah
Date Deposited: 16 Apr 2019 11:04
Last Modified: 16 Apr 2019 11:04
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item