KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI TUTOR SEBAYA MATERI SPLDV KELAS X APk 2 SMK PGRI 2 SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017 / 2018

Nurudin, Mohammad Adi (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI TUTOR SEBAYA MATERI SPLDV KELAS X APk 2 SMK PGRI 2 SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017 / 2018. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
Artikel Muhammad Ilham Nasrulloh.rtf

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas X APk 2 SMK PGRI 2 Sidoarjo yang ditentukan dengan berkoordinasi bersama guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya adalah baik dengan rata-rata 3.46. (2) Rata-rata persentase aktifitas siswa pada saat proses pembelajaran sangat aktif disemua aspek yaitu 71,09% - 97,65%. (3) Berdasarkan hasil tes peserta didik sebanyak 40 peserta didik, 90,00% atau 36 peserta didik tuntas dalam pembelajaran sedangkan hanya 10,00% atau 4 peserta didik yang tidak menuntaskan pembelajaran. (4) respon peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya ini rata-rata menyatakan positif, dapat dikatakan positif jika rata-rata respon peserta didik minimal cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:17
Last Modified: 23 Jun 2018 04:17
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item