Nurudin, Mohammad Adi (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI TUTOR SEBAYA MATERI SPLDV KELAS X APk 2 SMK PGRI 2 SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017 / 2018. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)
Text
Artikel Muhammad Ilham Nasrulloh.rtf Download (636kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas X APk 2 SMK PGRI 2 Sidoarjo yang ditentukan dengan berkoordinasi bersama guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya adalah baik dengan rata-rata 3.46. (2) Rata-rata persentase aktifitas siswa pada saat proses pembelajaran sangat aktif disemua aspek yaitu 71,09% - 97,65%. (3) Berdasarkan hasil tes peserta didik sebanyak 40 peserta didik, 90,00% atau 36 peserta didik tuntas dalam pembelajaran sedangkan hanya 10,00% atau 4 peserta didik yang tidak menuntaskan pembelajaran. (4) respon peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya ini rata-rata menyatakan positif, dapat dikatakan positif jika rata-rata respon peserta didik minimal cukup baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 04:17 |
Last Modified: | 23 Jun 2018 04:17 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/41 |
Actions (login required)
View Item |