IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Sa’adah, Lailatus and Widadah, Soffil (2017) IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
Artikel Ilmiah.docx

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan siswa yang tergolong field dependent dan field independent kemudian subjek ditentukan berdasar pada kemampuan matematika yang sama dan komunikasi yang baik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan data dari hasil tes pemecahan masalah matematika dan wawancara. Terdapat 3 indikator berpikir kreatif, yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Siswa dengan TBK 4 memenuhi indikator kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Siswa dengan TBK 3 memenuhi indikator kefasihan dan kebaruan atau kefasihan dan keluwesan. Siswa dengan TBK 2 memenuhi indikator keluwesan atau kebaruan. Siswa dengan TBK 1 memenuhi indikator kefasihan. Siswa dengan TBK 0 tidak memenuhi ketiga indikator.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tingkat berpikir kreatif, memecahkan masalah, aljabar, gaya kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:17
Last Modified: 23 Jun 2018 04:17
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item