PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NILAI MUTLAK BERBASIS ADOBE FLASH

Mubarrok, Ahmad Roziq and Agustina, Eka Nurmala Sari (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NILAI MUTLAK BERBASIS ADOBE FLASH. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bermula ketika pengalaman peneliti melaksanakan Praktek Pengalaman lapangan (PPL) di SMA PGRI 1 Sidoarjo. Pembelajaran matematika di sekolah tersebut belum memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) secara tepat guna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika materi nilai mutlak berbasis Adobe Flash terkait kelayakan dan kepraktisan oleh para ahli serta respons dari siswa yang mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) yang terdiri dari 10 tahap penelitian (Sugiyono, 2011: 297). Namun dalam penerapannya peneliti hanya terbatas sampai tahap ke 6 yang dimulai dari: (a) tahap potensi dan masalah; (b) tahap pengumpulan data; (c) tahap desain; (d) tahap validasi; (e) tahap revisi; dan (f) tahap ujicoba produk. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi media pembelajaran berbasis Windows dan Android yang memuat materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penilaian para ahli menyatakan bahwa media ini telah memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan serta diperoleh respons positif dari siswa yang telah mengikuti pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, kelayakan, kepraktisan, media pembelajaran, R & D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:22
Last Modified: 23 Jun 2018 04:22
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item