PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP YOS SUDARSO 2016/2017

Watin, Anis (2017) PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP YOS SUDARSO 2016/2017. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
PENERAPAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP YOS SUDARSO 2016.docx

Download (43kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Secara khusus, tujuan belajar matematika sebagai berikut: 1) Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. 2) Mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, instuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pola pemikiran. 3) Mengembangkan kemampuan mengembangkan masalah. 4) Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan. Namun, selain matematika merupakan satu mata pelajaran penting, matematika di mata para siswa di anggap siswa sebagai satu mata pelajaran yang sulit untuk di pelajari dan di anggap sebagai pelajaran yang membosankan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, karena penyampaian materi yang kurang menarik dan bervariasi sehingga siswa merasa jenuh ketika belajar matematika. Untuk itu harus di cari solusi guna memecahkan permasalahan ini sehingga di harapkan dapat meningkatkanprestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Yos Sudarso Sidoarjo. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Yos Sudarso Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan pembelajaran menggunakan media power point. Pemilihan subyek hanya satu kelas dengan metode pengumpulan data metode observasi yaitu dengan melakukan prosedur kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, aktifitas guru, metode tes dan metode angket. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media power point dikatakan berhasil dalam penerapan media power point yang sudah berikan. Hal ini dapat di lihat dari hasil tes siswa memperoleh ketuntasan belajar sebesar 92,30 % sehingga ketuntasan belajar klasikal telah tercapai karena ketuntasan belajar klasikal > 75 %. Untuk respon siswa positif terhadap pembelajaran menggunakan media power point. Karena berdasarkan hasil angket respon siswa lebih dari 84,23 %. Sedangkan untuk kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran menggunakan media apower point pada kelas VII-1 Yos Sudarso memperoleh rata-rata 89,5 sehingga di kategorikan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Power Point.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:23
Last Modified: 23 Jun 2018 04:23
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item