Widadah, Soffil (2016) KONFLIK KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)
|
Text
21.pdf Download (818kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil konflik kognitif siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal dengan intervensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Perlakuan konflik mampu menumbuhkan rasa tertarik, motivasi, dan semangat pada siswa. Partisipasi siswapun menjadi meningkat karena keingintahuan mereka terhadap kebenaran dari pengetahuan yang dimilikinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek mengalami konflik kognitif dalam menyelesaikan soal yang ditandai dengan berubahnya raut wajah, terburu-buru melihat soal kembali, mengaku agak bingung, memainkan pensil di pipi, bergumam tidak jelas, tercengang, dan terkejut. Subjek mengalami ketidakseimbangan mental dalam konflik dengan karakteristik menyadari adanya kontradiksi, merasa ingin tahu/tertarik, dan mengalami kecemasan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik Kognitif, Menyelesaikan Soal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 04:25 |
Last Modified: | 23 Jun 2018 04:25 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |