Anggraini, Siti Arima (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN M – APOS PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 SIDOARJO. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)
|
Text
1531063 - Artikel.pdf Download (641kB) | Preview |
Abstract
APOS merupakan singkatan dari aksi, proses, objek, dan skema. Teori APOS adalah suatu teori konstruktivisme tentang bagaimana suatu konsep matematika di pelajari. Dalam teori APOS, seorang anak mengonstruksi pengetahuan melalui empat tahapan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar serta respons siswa dengan menerapkan pembelajaran M-APOS yang merupakan model pembelajaran berpusat pada siswa mengonstruksi pengetahuannya sendiri dengan bantuan guru sebagai fasilitator, untuk menemukan dan memahami konsep secara mendalam. Menggunakan siklus ADL (Aktivitas, Diskusi kelas, Latihan soal) dengan Lembar Kerja dapat diakses melalui Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X semester ganjil pokok bahasan eksponen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TIPT-1 sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, soal tes dan lembar angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru mengelola pembelajaran secara keseluruhan rata-rata bernilai 3,48 dikriteriakan baik. Aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung dari tiap kategori aktivitas siswa bernilai positif yaitu 72 % - 86 % dengan rata-rata persentase 76% dikategorikan aktif. Untuk hasil tes siswa kelas X TIPTL 1 yang memperoleh ketuntasan belajar secara klasikal memiliki rata-rata persentase ketuntasan yaitu 86% dikategorikan tuntas. Sedangkan untuk respons siswa dari tiap pertanyaan angket siswa merespon positif model pembelajaran M-APOS yaitu 85,1% dikategorikan sangat aktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Modifikasi APOS, Eksponen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 06:22 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 06:22 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/812 |
Actions (login required)
View Item |