Wartoyo, FX (2016) PENILAIAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM MEMBENTUK RASA NASIONALISME. Jurnal Edukasi, 2 (1). pp. 69-82. ISSN 2443-0455
|
Text
9.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan program yang terencana dan tersusun rapi berdasarkan cara pemikiran, prinsip dan implementasi strategis tertentu, sesuai dengan tujuan dan misi organisasi pendidikan. Nasionalisme diartikan sebagai perasaan cinta dan bangsa nya, tanpa memandang bangsa lain lebih rendah dari bangsa dan negaranya. Tujuan penelitian untuk memberi gambaran evaluasi pendidikan karakter dalam membentuk rasa nasionalisme dan gambaran mengenai bentuk penilaian pendidikan karakter dalam rangka mewujudkan konsep bela negara. Metode penelitian dengan deskriptif kualitatif dan pengumpulan data berdasarkan kajian penelitian dan analisis penulis. Penelitian antara lain menemuikan bahwa karakter anak tidak dapat dinilai dalam satu waktu (one shot evaluation), tetapi harus diobservasi dan diidentifikasi secara terus menerus dalam keseharian anak, baik di kelas, sekolah, maupun dirumah dalam rangka mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Maka dari itu, penilaian terhadap karakter harus melibatkan tiga komponen tersebut. Evaluasi di kelas melibatkan guru, peserta didik sendiri dan peserta didik lainnya. Evaluasi di sekolah melibatkan peserta didik sendiri, teman-temannya, guru lainnya (termasuk Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah), pustakawan, tenaga administrasi sekolah, penjaga sekolah, dan teknisi jika ada. Di rumah melibatkan peserta didik, orang tua (jika masih ada) atau walinya, kakak, dan adiknya (jika ada).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, berkarakter, nasionalisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 05:03 |
Last Modified: | 23 Jun 2018 05:03 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |