PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE GEOGEBRA DALAM METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

Ayu, Intan (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE GEOGEBRA DALAM METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
2084202008-Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
2084202008-BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
2084202008-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
2084202008-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
2084202008-BAB IV.pdf

Download (172kB)
[img] Text
2084202008-BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2084202008-Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstract

Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami bangun ruang sisi datar karena kesulitan dalam memvisualisasikan bentuk-bentuk tiga dimensi, serta menghitung volume dan luas permukaan dengan benar. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran yang dapat membatu siswa dalam memvisualisasikan bentuk-bentuk tiga dimensi seperti GeoGebra, dibantu dengan metode pembelajaran yang dapat memaksimalkan kerja otak seperti Mind Mapping diharapkan dapat membantu meningkatakan pemahaman siswa. Melalui gagasan tersebut dilakukan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif (post-test only control design) terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Jombang dengan total sampel 40 siswa (20 siswa dari kelas eksperimen (VIII-J) dan 20 siswa dari kelas kontrol (VIII-I)). Berdasarkan hasil analisis (uji t independent) didapati adanya perbedaan tingkat pemahaman antara siswa dari kelas eksperimen dan siswa dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata nilai siswa dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran GeoGebra dan metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh tehadap pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bangun ruang, geogebra, matematika, mind mapping, visualisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:33
Last Modified: 24 Sep 2025 06:33
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item View Item