PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD

Fauziyah, Mahmudatul and Dewi, Galuh Kartika and Rahmawati, Ery (2025) PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (3). ISSN 2548-6950

[img] Text
1886206035 - Artikel.pdf

Download (611kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa menunjukkan adanya kendala dalam pemahaman materi pelajaran yang bisa dikarenakan oleh strategi pembelajaran yang kurang menarik dengan tingkat perkembangan siswa. Riset ini bertujuan untuk memahami pengaruhnya strategi pembelajaran joyful learning kepada hasil belajar dan respon peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD. Studi kuantitatif yang memakai desain kuasi-eksperimental adalah yang dipakai. Desain kelompok kontrol studi ini adalah tipe nonequivalent (pra dan pasca-tes). Peserta didik kelas IV dari Sekolah Dasar Darul Ulum menjadi populasi studi. Hasil penelitian memperlihatkan yaitu kelompok kontrol mempunyai skor rerata pretest 69,39 dan posttest 83,39 lebih rendah dibandingkan skor rerata kelompok eksperimen pretest 72,70 dan posttest 88,09. Lembar kuesioner dan metode analisis data seperti uji-t sampel independen menguatkan perbedaan ini. Nilai signifikansi 0,008 didapat dari perhitungan uji hipotesis (uji-T). Hipotesis nol (H0) ada penolakan karena nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang memperlihatkan yakni hasil pembelajaran IPAS peserta didik di kelas IV dipengaruhi oleh strategi joyful learning. Demikian pula ketika memakai joyful learning, kuesioner respons murid menghasilkan skor rerata 85%, yang memperlihatkan reaksi positif dari para murid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, joyful learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:43
Last Modified: 29 Oct 2025 04:43
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item