Fauziyah, Mahmudatul and Dewi, Galuh Kartika and Rahmawati, Ery (2025) PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (3). ISSN 2548-6950
| ![[img]](https://repository.universitaspgridelta.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1886206035 - Artikel.pdf Download (611kB) | 
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa menunjukkan adanya kendala dalam pemahaman materi pelajaran yang bisa dikarenakan oleh strategi pembelajaran yang kurang menarik dengan tingkat perkembangan siswa. Riset ini bertujuan untuk memahami pengaruhnya strategi pembelajaran joyful learning kepada hasil belajar dan respon peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD. Studi kuantitatif yang memakai desain kuasi-eksperimental adalah yang dipakai. Desain kelompok kontrol studi ini adalah tipe nonequivalent (pra dan pasca-tes). Peserta didik kelas IV dari Sekolah Dasar Darul Ulum menjadi populasi studi. Hasil penelitian memperlihatkan yaitu kelompok kontrol mempunyai skor rerata pretest 69,39 dan posttest 83,39 lebih rendah dibandingkan skor rerata kelompok eksperimen pretest 72,70 dan posttest 88,09. Lembar kuesioner dan metode analisis data seperti uji-t sampel independen menguatkan perbedaan ini. Nilai signifikansi 0,008 didapat dari perhitungan uji hipotesis (uji-T). Hipotesis nol (H0) ada penolakan karena nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang memperlihatkan yakni hasil pembelajaran IPAS peserta didik di kelas IV dipengaruhi oleh strategi joyful learning. Demikian pula ketika memakai joyful learning, kuesioner respons murid menghasilkan skor rerata 85%, yang memperlihatkan reaksi positif dari para murid.
| Item Type: | Article | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, joyful learning, hasil belajar | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | 
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:43 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:43 | 
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2394 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
