Hamidah, Siti and Dhewy, Risdiana Chandra and Sukriyah, Dewi (2024) Peran Media “Alphabet Magnetic “ Dalam Pembelajaran Membaca: Studi di SD Kelas Tinggi. Jurnal Edukasi, 10 (2). ISSN 2443-0455
![]() |
Text
2084202013-Artikel.pdf Download (578kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media alphabet magnetic saat belajar membaca di kelas tinggisiswa Sekolah Dasar. Media “Alphabet Magnetic“ adalah alat bantu pembelajaran yang menggunakan huruf-huruf magnetik untuk membantu siswa dalam mengenali dan membentuk kata-kata. Penelitian ini dilakukan di balai desa Kalipecabean dengan mengambil siswa dari SDN Kalipecabean yang terdiri atas 6 orang sebagai subjek penelitian dengan rincian 1 siswa perempuan, dan 5 siswa laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan wawancara kepada kepala sekolah dan guru mengenai siswa yang belum bisa membaca, observasi, dan dokumentasi secara langsung pada saat proses pembelajaran. Metode VAKT yang fokus dalam penggunaan beragam multisensorik pada diri manusia, sehingga diharapkan mampu memberikan solusi pada guru dalam pengajaran siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan “Alphabet Magnetic“ secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis presentase subjek penelitian menunjukkan angka tinggi, 97,5% RK, 87,5% RF, 95% FN, 90% , FA, 97,5% AN, dan 92,5% OC. Dengan demikian media "Alphabet Magnetic" terbukti efektif sebagai alat bantu dalam pembelajaran membaca di kelas tinggi SD, dan direkomendasikan untuk digunakan secara luas dalam upaya meningkatkan literasi siswa pada jenjang pendidikan dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alphabet Magnetic, Pembelajaran Membaca, Sekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 08:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 08:48 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |