Pratiwi, Rini Dwi and Aziz, M. Faris Abdil and Fajriyah, Izzatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Peserta Didik Materi Di Bawah Tirani Jepang Kelas XI DKV SMK ITABA Gedangan. Jurnal Wahana Pendidikan, 11 (2). ISSN 2715-6796
![]() |
Text
2087201016-Artikel.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik di SMK Itaba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode probability sampling digunakan untuk pemilihan sampel secara acak. Problem Based Learning diterapkan dalam kelas eksperimen penggunaan pretest dan posttest. Analisis statistik mencakup validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, analisis regresi linier sederhana, serta uji t. hasil validitas menunjukkan semua butir soal valid karena nilai r hitung > t tabel (0.320) atau nilai signifikansi < 0,05. Instrumen penelitian reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbach (0.684) > 0.6. Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi (0,060) menandakan distribusi data normal. Uji heteroskedastisitas menunjukkan residual homogen dengan nilai signifikansi (0,651) > 0,05. Uji korelasi menunjukkan nilai d hitung (1.809) dengan dU (1.5444) < d hitung (1.809) < 4-dU (2.4556) maka tidak ada korelasi antar residual. Uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai (80.074) yang menunjukkan keadaan konstan. Uji t menunjukkan nilai (-1.293) < (2.024), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, namun karena nilai signifikansi > 0.05 menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik SMK.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Berpikir historis, Pembelajaran sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:57 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:57 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |