Maqfiroh, Maulidatul and Fitriany, Aulia and Mubarok, M. Khusni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTU CANVA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8 (2). ISSN 2541-6130
![]() |
Text
2087201015-Artikel.pdf Download (281kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas sejarah meningkat setelah menggunakan model Pembelajaran PJBL berbantu Canva dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Porong. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, XI-2 dan XI-3 adalah dua kelas yang masing-masing berfungsi sebagai kelompok kontrol dan eksperimen, sesuai dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimen, non-equivalent control grup design. Pretest dan posttest adalah instrumen pengambilan data menggunakan soal pilihan ganda. Untuk mengevaluasi hipotesis, data dianalisis menggunakan uji-T Sampel Independen. Kelompok eksperimen rata-rata 87,14 pada posttest, sedangkan kelompok kontrol rata-rata 80,22. Hasil menunjukkan Diterima Hi dan menolak Ho berdasarkan hasil uji hipotesis, yaitu ttitung = 5.848 > ttabel = 1.993. Dengan hasil penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran PJBL, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka sekaligus berpartisipasi dalam pengalaman belajar yang interaktif dan imajinatif. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa model pjbl dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatifitas di mata pelajaran sejarah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canva, Berfikir kreatif, Inkuiri, PJBL, Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:34 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:34 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |