PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DIGITAL STORYTELLING MATERI TRIGONOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK

Yanti, Isnia Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DIGITAL STORYTELLING MATERI TRIGONOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
2084202029 - Abstrak.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2084202029 - BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
2084202029 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2084202029 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
2084202029 - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2084202029 - BAB V.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2084202029 - Daftar Pustaka.pdf

Download (542kB)

Abstract

Era yang semakin modern menuntut generasi muda untuk membuka mata terhadap teknologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui proses pengembangan media video digital storytelling materi trigonometri pada peserta didik kelas X. 2) Hasil pengembangan media video digital storytelling materi trigonometri pada peserta didik kelas X yang ditinjau dari aspek keefektifan, kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu : (1) Tahap Analysis meliputi analisis kurikulum dan analisis karakteristik peserta didik. (2) Tahap Design peneliti melakukan perancangan storyboard dan mengupulkan materi untuk merancang tampilan media video digital storytelling. (3) Tahap development peneliti mengembangkan media video digital storytelling materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. (4) Tahap Implementation media video digital storytelling yang dikembangkan diujicobakan dan dilaksanakan dikelas X SMK Sunan Ampel Porong. (5) Tahap Evaluation yaitu tahap revisi terhadap media yang dikembangkan apabila terdapat perbaikan media video digital storytelling setelah implementasi. Penelitian ini menghasilkan media video digital storytelling materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. (1) Berdasarkan penilaian para ahli terhadap kualitas media video digital storytelling, media yang dikembangkan dinilai valid dengan skor rata-rata 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat valid; (2) Berdasarkan hasil uji coba pembelajaran, media yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan tes hasil belajar sebesar 93,75%, rata-rata skor kelas sebesar 88,4, dan rata-rata persentase respons angket sebesar 85,4% yang termasuk dalam kategori sangat efektif; (3) Berdasarkan angket respon peserta didik pada angket kepraktisan diperoleh rata-rata persentase kepraktisan sebesar 88,5% yang berarti media video digital storytelling yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: digital storytelling, media pembelajaran video, trigonometri, SMK, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:48
Last Modified: 29 Sep 2025 06:48
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item