Auliya, Hikmaya and Dewi, Anggra Lita Sandra and Erdiana, Lita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9 (3). ISSN 2597-4440
![]() |
Text
2186206015 - Artikel.pdf Download (967kB) |
Abstract
Di era digital, integrasi teknologi penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif. Sehingga memungkinkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik minat siswa dalam pembelajaran, utamanya mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Namun, 45% siswa dari hasil observasi yang dilakukan pada kelas V yang berhasil memenuhi KKTP (Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran), semen tara 55% siswa lainnya belum mencapai KKTP yang telah ditetapkan sebesar 70 dalam mapel IPAS. Hal ini terjadi disebabkan oleh minimnya pemanfaatan teknologi dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas V serta mendeskripsikan aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Desain Nonequivalent Control Group Design yang digunakan dalam penelitian ini serta metode kuantitatif eksperimen semu, melibat kan dua kelompok yakni ekperimen dan kontrol. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan model TPACK memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan dibuktikan hasil uji komparatif 2 sampel independen yaitu p-value 0,000 ≤ 0,05. Selain itu, rata-rata presentase kenaikan nilai pretest dan post test pada kelompok ekperimen sebesar 66% sedangkan pada kelompok kontrol hanya 28%. Selanjutnya, pada presentase indikator hasil observasi aktivitas siswa terdapat 2 yang tertinggi yaitu keterlibatan dalam diskusi kelas dan kemampuan bertanya sebesar 68%. Sedangkan untuk presentase indikator terendah yaitu penggunaan teknologi dalam pembelajaran sebesar 55%. Kemudian data presentase keseluruhan hasil observasi menunjukkan 78% siswa aktif dalam pembelajaran menggunakan model TPACK. Peneliti merekomendasikan agar pihak sekolah memanfaatkan fasilitas dan infrastruktur yang ada secara optimal untuk mengatasi kekurangan yang ada.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar;IPAS;model pembelajaran TPACK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:31 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |