PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS VI SD

Yuningrat, Ahmad Arka and Rahmawati, Ery and Andjariani, Endang Wahju (2025) PENGARUH MEDIA SPIN THE WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS VI SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (3). ISSN 2548-6950

[img] Text
2086206002 - Artikel.pdf

Download (401kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan krusial bagi kemajuan bangsa Indonesia, sama pentingnya dengan di negara lain. Penggunaan teknologi digital dalam kegiatan belajar mengajar beberapa tahun belakangan ini telah membawa dampak positif yang cukup besar bagi perkembangan dunia pendidikan. Penelitian ini penting karena menggali lebih dalam potensi teknologi terkini dalam dunia pendidikan, termasuk bagaimana media seperti Spin the Wheel bisa dimanfaatkan.Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonagung 2, terutama untuk pelajaran IPAS (ilmu pengetahuan alam serta sosial) pada semester kedua tahun ajaran 2024/2025, sesuai Kurikulum Merdeka terbaru. Partisipan dibagi menjadi dua grup: grup kontrol yang belajar tanpa Spin the Wheel, dan grup eksperimen yang menggunakan media tersebut. Alat yang dipakai meliputi lembar pengamatan aktivitas siswa dan juga tes belajar (pre-test dan post-test). Setelah dilakukan analisis data, terlihat adanya perbedaan mencolok antara nilai sesudah dan sebelum tes. Kenaikan nilai grup eksperimen mencapai 78,17, sedangkan pada grup kontrol hanya 69,33. Dari total 20 soal, 12 di antaranya terbukti valid melalui uji validitas, dan uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s alpha sebesar 0,800 (di atas standar minimum 0,6), menandakan tingkat reliabilitas yang tinggi. Berdasarkan analisis uji-t, terungkap bahwa pemanfaatan metode Spin the Wheel memberikan pengaruh berarti pada peningkatan capaian pembelajaran. Selain itu, grup eksperimen juga memperlihatkan tingkat partisipasi siswa yang sangat baik, dengan skor observasi mencapai 91,5%. Jadi, media ini tidak hanya membantu meningkatkan hasil belajar, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa di tingkat sekolah dasar dalam kurikulum IPAS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Spin the Wheel, IPAS, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:09
Last Modified: 01 Oct 2025 07:09
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item