PENGARUH STORYTELLING MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Wibowo, Diva Karita Putri and Mubarok, M. Khusni and Rahmawati, Ery (2025) PENGARUH STORYTELLING MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (1). ISSN 2548-6950

[img] Text
2086206006-Artikel.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh dan aktivitas siswa dalam kegiatan storytelling menggunakan boneka tangan terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Pucang 2 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas 1-A dan kelas 1-C SD Negeri Pucang 2, di kelas eksperimen (1-A) berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol (1-C) berjumlah 20 siswa. Validasi penggunaan media dilakukan oleh dua ahli yakni dosen yang merupakan pakar media dan guru wali kelas sebagai ahli materi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket validasi serta lembar pretest dan posttest. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai ≤ 0,05 yang mengindikasikan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai f-hitung sebesar 85,677 dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05, yang menandakan bahwa uji regresi linier sederhana tersebut signifikan. Selanjutnya, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi ≤ 0,05 yang mengakibatkan H0 ditolak, artinya penggunaan media boneka tangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca siswa. Selain itu, aktivitas siswa juga memperoleh nilai rata-rata 79,64, yang tergolong baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media boneka tangan berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa kelas (1-A) dan kelas (1-C).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Storytelling , boneka tangan, keterampilan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:31
Last Modified: 06 Oct 2025 04:31
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item